Bagus, Siswa MAN 3 Bantul Jawara Matematika Internasional.

Bagus Ferdian Nur Adianto, siswa kelas X MIPA 1 MAN 3 Bantul yang satu ini memang hebat. Bagaimana tidak, siswa pendiam, berpostur ramping dan berkacamata ini mampu meraih prestasi tidak hanya tingkat nasional tetapi sudah berjaya di tingkat internasional. Bagus (panggilan akrabnya), memiliki kemampuan dalam mata pelajaran matematika yang luar biasa. Kepiawaiannya sudah terbukti dengan berhasilnya Bagus meraih medali perak pada Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO), Selasa-Jumat (20-23/2) di Bangkok Thailand.
 

Bagus yang lahir di Surabaya, 11 Juni 2002 tersebut merupakan putra pertama dari tiga bersaudara pasangan Hadi Santoso dan Susilowati yang beralamat di Jl Teratai I No 11 Nglundo Candimulyo Jombang, namun saat ini Bagus bermukim di Pondok Pesantren Abdul Azis Brajan Wonokromo Bantul. Bapaknya yang bekerja sebagai wiraswasta serta ibunya menjadi ibu rumah tangga tersebut sangat mendukung Bagus dalam mengembangkan dan memperdalam kemampuan pada pelajaran matematika. Disamping membelikan buku buku materi pelajaran matematika, orang tua Bagus juga senantiasa memantau dan memberikan pengarahan dalam belajar dan membagi waktu.

Bagi Bagus yang punya hobi membaca tersebut, belajar matematika terasa menyenangkan, terlebih ketika berhasil menemukan jawaban atau menyelesaikan soal rasanya sangat melegakan dan memuaskan. “Meskipun matematika itu tidak mudah tetapi kalau dipelajarai dengan sungguh sungguh dan dikerjakan dengan senang hati, dinikmati prosesnya dan akhirnya bisa juga dikerjakan,” ungkap Bagus yang memiliki semboyan, Jalani hidup sesuai alurnya.

Siswa pendiam yang bercita cita melanjutkan study di luar negeri melalui program beasiswa ini memiliki semangat belajar yang sangat tinggi, bahkan untuk merealisasikan cita citanya tersebut, Bagus rela meninggalkan kampung halaman dan orang tua serta adiknya untuk meneruskan sekolah di MAN 3 Bantul.

Bagus memilih MAN 3 Bantul karena disamping mempelajari ilmu umum, juga bisa belajar dan menambah ilmu agama mengingat Bagus berasal dari sekolah umum yakni SMPN 2 Jombang. Selain itu juga karena letak MAN 3 Bantul yang berdekatan dengan pondok pesantren menjadikan Bagus semakin mantab melanjutkan sekolah sesuai dengan harapannya untuk bisa sekolah sambil mondok. “Saya jadi bisa sekalian mondok, dan itu yang saya inginkan sejak dulu. Bisa mondok dan juga tetap bisa sekolah,” ungkap Bagus ketika ditanya tentang alasan memilih MAN 3 Bantul. Saat ini Bagus mondok di Pesantren Al Azis Brajan Wonokromo pimpinan Kyai Nadhir.

Keberhasilan Bagus dalam meraih beberapa kejuaran sudah dimulai sejak masih belajar di SMP dan terus berlanjut di jenjang MA. Prestasi yang telah diraih ketika masih belajar di SMP yakni kejuaraan SASMO (perak) dan WMI (emas) dan banyak lagi kejuaraan tingkat daerah maupun nasional dengan meraih emas, perak dan juga perunggu..  Pencapaian prestasi saat belajar di MAN 3 Bantul juga sangat pantas dibanggakan, mengingat beberapa kali Bagus berhasil meraih juara pada olimpiade matematika tingkat daerah, nasional dan bahkan internasional. Kejuaraan yang paling berkesan bagi Bagus dan juga madrasah adalah saat meraih perak pada TIMO 2018 yang diselenggarakan Selasa-Jumat (20-23/2) di Bangkok Thailad.  Bagus sangat bersyukur dan semakin giat berlatih untuk meningkatkan prestasi di olimpiade / kejuaraan lainnya yang masih terbuka lebar mengingat dirinya masih kelas X.  

Menanggapi prestasi Bagus tersebut, kepala madrasah Ali Asmu’i SAg MPd merasa bangga dan bersyukur, Ali berharap prestasi ini akan memacu dan memicu prestasi lainnya yang akan mengharumkan madrasah. “Prestasi ini menjadi bukti realisasi slogan yang sudah dicanangkan Kementerian Agama yakni, Madrasah Hebat Bermartabat,” pungkas Ali.  (lif)

Berikut ini adalah perolehan prestasi Bagus selama di MAN 3 Bantul.

1. Juara 3 Olimpiade Matematika se DIY Jateng, 2017 (UAD Yogyakarta, 2017)

2. Juara 2 Olimpiade Matematika se DIY Jateng, 2017(UPY Yogyakarta, 2017)

3. Raih Perak TIMO 2018 se Indonesia

4. Raih Perak TIMO Internasional di Bangkok Thailand, 2018

Postingan populer dari blog ini