Hafal 30 Juz, Siswa MAN 3 Bantul Ikuti Wisuda Tahfidz di Kemenag Bantul

Bantul (MAN 3 Bantul) – 40 siswa MAN 3 Bantul mengikuti wisuda Tahfidz yang diselenggarakan Kementerian Agama Kabupaten Bantul, Sabtu (2/3) di pendopo Parasamya Pemda Bantul. Wisuda Tahfidz yang diikuti 1000 siswa  Madrasah se Bantul tersebut merupakan kegiatan pertama kali yang diselenggarakan Kemenag Bantul. Dalam kesempatan tersebut, MAN 3 Bantul mengirimkan 40 siswa untuk mengikuti Wisuda Tahfidz dengan didampingi 5 guru pendamping yang juga merupakan Pembina dan pendamping kegiatan Tahfidz di madrasah.  Zuni Anifah (XI Agama 2) yang telah hafal 30 juz mengungkapkan rasa senang dan bersyukur atas kesempatan yang diberikan kepada dirinya untuk mengikuti wisuda. Menurutnya dengan wisuda tahfidz bisa memberikan motivasi dan semangat bagi dirinya dan juga teman teman lainnya yang belum hafal 30 juz yang masih menjalani proses menghafal.



Menurut Kepala Unit jurusan Agama Samsul Anam MA, program tahfidz Al Quran di MAN 3 Bantul menjadi salah satu program unggulan dan masuk kedalam mata pelajaran intrakurikuler. Dengan 2 jam pelajaran setiap minggunya program tersebut dibimbing ustadz ustadzah MAN 3 Bantul dan juga dari pondok pesantren di sekitar madrasah. Program yang wajib diikuti seluruh siswa kelas X, XI dan XII tersebut bertujuan untuk memberikan bimbingan dan membekali siswa dalam menghafal Al Quran.

Salah satu pembimbing tahfidz, Ashlihatul Lathifah MSI mengungkapkan target hafalan bagi siswa kelas X, XI dan XII adalah hafal  juz 30 dan beberapa surat pilihan diantaranya Al Waqi’ah, Al Mulk, Ar rohman, Yaasiin. Program tahfidz ini sudah berlangsung 3 tahun dan tahun ini merupakan tahun tiga dimasukkan menjadi mapel intrakurikuler sedangkan tahun 2016 program tersebut masuk kedalam ekstrakurikuler. “Alhamdulillah tahun ini 1 siswa kami sudah hafal 30 juz , 25 lainnya sudah hafal antara 2-15 juz. Rata rata siswa lainnya sudah hafal 1-2 juz terlebih kelas XII mengingat target kelas XII minimal hafal juz 30 dan 1 juz lainnya. Sebenarnya banyak siswa kami yang sudah hafal juz 30 tapi kami hanya mengikut sertakan 40 siswa dalam kegiatan Wisuda Tahfidz di Bantul, karena sesuai petunjuk pelaksanaan yang kami terima,” ungkap Ifah

Kepala madrasah In Amullah MA memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada khafidzoh yang telah berhasil menghafal 30 juz dan juga khafidz khafidhoh lainnya yang sudah berhasil mencapai target yang ditentukan. In Amullah berharap bekal hafalan tersebut dapat memacu dan menjadi modal untuk melanjutkan menghafal selepas dari madrasah nantinya. “Teruslah menghafal karena dengan menghafal Al Qur’an banyak sekali berkah dan manfaat bagi kita baik di dunia maupun di akhirat dan jadikan Al Qur’an sebagai landasan serta acuan dalam segala aspek kehidupan,” tegasnya. (lif)

Postingan populer dari blog ini