Layanan Prima, MAN 3 Bantul Gandeng Puskesmas Pleret Check Kesehatan Siswa


Bantul (MAN 3 Bantul) – Kesehatan merupakan modal penting dalam menjalani kehidupan. Pemeriksaan rutin kesehatanpun perlu dilakukan untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan. Dalam rangka memeriksa dan memantau kesehatan siswa MAN 3 Bantul bekerjasama dengan Puskesmas Pleret menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan lengkap kepada siswa kelas X semua jurusan Kamis – Jumat  (26-27/10) di UKS madrasah.



224 siswa kelas X yang mengikuti pemeriksaan tersebut diperiksa oleh 4 petugas dari Puskesmas Pleret di ruang UKS madrasah dengan didampingi koordinator UKS M Nua’im SPdI. Pemeriksaan meliputi kesehatan gigi, mata, status gizi, kesehatan umum mulai dari rambut sampai kulit. Petugas pemeriksa dari Puskesmas Pleret tersebut terdiri dari Sutarni Djufri SST, Siti Yuriah Amd K.G, Titin rohani Amd Kep. dan Sri Sumiati Amd Keb.

Menurut Sutarni hasil pemeriksaan akan digunakan sebagai data untuk melakukan evaluasi kesehatan siswa dan ditindak lanjuti dengan merujuk siswa yang memiliki masalah kesehatan untuk mendapatkan perawatan lebih ke Puskesmas. Permasalahan yang biasanya muncul dalam pemeriksaan kesehatan di sekolah adalah tentang mata dan gigi, meskipun ada beberapa juga yang bermasalah dengan status kesehatan lainnya.

Penanggung jawab program UKS dari Puskesmas, Yuriah menyampaikan pelaksanaan pemantauan kesehatan bagi siswa dilakukan secara rutin di setiap sekolah yang berada di lingkup kecamatan Pleret. Hal ini dimaksudkan agar siswa benar benar memiliki kesehatan prima dan seandainya punya masalah kesehatan bisa dideteksi sedini mungkin sehingga bisa ditangani dengan cepat. Diharapkan dengan kesehatan yang terjaga, siswa bisa mengikuti program pembelajaran dengan lebih sehat dan siap lahir batin.

Sementara itu koordinator M Nua’im SPd I menyampaikan kerjasama dengan puskesmas Pleret ini sudah terjalin sejak lama. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan pun beraneka ragam, mulai pemeriksaan kesehatan rutin, penyuluhan kesehatan, juga menjadi rujukan madrasah ketika siswa ada yang perlu perawatan dan pengobatan setiap harinya. “Kami berharap kerjasama ini terus berlanjut dan semakin bertambah kegiatan yang bisa dilakukan bersama sama termasuk di dalamnya pendampingan Puskesmas kepada MAN 3 Bantul dalam mengelola dan menjaga kesehatan civitas maupun lingkungan madrasah,” tandas Nua’im. (lif)

Postingan populer dari blog ini