MAN 3 Bantul Bekali Siswa Wawasan Lanjut Study dengan Kunjungan Kampus

Bantul (MAN 3 Bantul) – Upaya memotivasi siswa untuk meneruskan study setelah mereka lulus dari sekolah/ madrasah  merupakan program kerja madrasah. Berkaitan dengan upaya tersebut MAN 3 Bantul melalui perencanaan dari tim Bimbingan Konseling (BK) di madrasah menyelenggarakan kegiatan Kunjungan Kampus (KK) bagi siswa kelas XII guna memberikan wawasan dan gambaran nyata tentang kampus tempat mereka  melanjutkan study nantinya.

Berkenaan dengan hal tersebut kepala laboratorium IPA Sumarna MPd bersama tim BK madrasah melaksanakan kunjungan kampus bagi siswa kelas XII IPA bersama guru pengampu yang tergabung dalam rumpun IPA Selasa (17/10). 66 siswa bersama  12 guru pendamping mengunjungi Fakultas Teknik UNY dan Fakultas MIPA UGM. Sumarna mengungkapkan tujuan kegiatan KK agar siswa memiliki wawasan tentang perguruan tinggi negeri serta mnegetahui jurusan apa yang bisa dipelajari juga mengenal prospek kerja. “Kami berharap dengan kunjungan ini siswa bisa mengetahui lebih jelas tentang tata cara prosedur masuk perguruan tinggi,” ungkap Sumarna.



Kepala madrasah Ali Asmu’i SAg MPd yang melepas keberangkatan kegiatan KK tersebut menyampaikan rasa suka dan bersyukur atas terlaksananya program KK yang telah dilaksanakan jurusan IPA. Menurut Ali kegiatan tersebut sangat bermanfaat dan sudah selayaknya menjadi agenda rutin bagi madrasah mengingat tidak semua siswa berkesempatan mengunjungi kampus secara individu. “Pemaparan dan penjelasan dari nara sumber yang tepat itulah yang sangat membantu siswa dalam memperoleh bekal guna melanjutkan study setelah lulus nanti. Semoga kerjasama seperti ini akan terus berlanjut dan bisa berkembang dalam kegiatan lainnya,” tegas Ali’

Staf Bidang Humas Haryo dan Dosen Fakultas Teknik Dr Dwi Rahdiyanto ST MT yang menyambut saat di UNY tersebut menyampaikan selamat datang dan bersyukur atas kerjasama yang terjalin dari kedua fihak. Dalam kesempatan tersebut Dwi juga memaparkan tentang jurusan yang tersedia di FT dan juga di UNY secara umum termasuk prosedur pendaftaran serta fasilitas bea siswa yang tersedia. Kegiatan diakhiri tanya jawab oleh siswa, guru pendamping dan dipandu langsung oleh Haryo. Kunjungan juga dilengkapi dengan mengadakan kunjungan langsung ke bengkel tempat mahasiswa melaksanakan praktik sehingga menambah semangat dan motivasi siswa untuk bisa melanjutkan study nantinya.

Sementara itu kunjungan ke F Mipa UGM diterima  Drs Janoe Hendarto M Kom di aula F Mipa UNY. Dalam paparannya menyampaikan wawasan tentang Melaju Ke Masa Depan. Selain itu juga dipaparkan prosedur pendaftaran, visi misi F Mipa dan juga pengenalan jurusan yang ada beserta prospek kerja dari masing masing jurusan. (lif)

Postingan populer dari blog ini

Bagus, Siswa MAN 3 Bantul Jawara Matematika Internasional.