24 th, MAN 3 Bantul Selenggarakan Donor Darah Bersama PMI

Bantul (MAN 3 Bantul) – Kerjasama MAN 3 Bantul  dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kab. Bantul telah dimulai sejak 1994. Seiring waktu, kerjasama kedua fihak semakin efektif dan semakin erat. Hal ini terbukti dengan diselenggarakannya berbagai kegiatan oleh kedua fihak untuk mendukung pengembangan pelayanan masyarakat maupun pengembangan instansi yang bersangkutan. Kegiatan tersebut diantaranya adalah pelaksanaan Donor Darah (DD) di MAN 3 Bantul.

Mengawali tahun 2019 ini, madrasah kembali melaksanakan kegiatan DD di UKS madrasah, Senin (28/1) diikuti 43 pendonor yang terdiri dari siswa, guru dan pegawai. Penyelenggaraan DD kali ini dilaksanakan oleh tim dari PMI Bantul, Joni Vallianto (Teknisi Transfusi Darah), Fala Diekti Tarja, Fauzina Astutiningsih dan M Fajar Taufiq  (Penunjang) dibantu tim PMR serta petugas UKS madrasah.  Dari 43 pendonor berhasil dikumpulkan 23 kantong darah yang terdiri dari (A=4, B=9, O=9, AB=1) Sedangkan 21 pendonor lainnya belum bisa memenuhi syarat baik dari HB maupun tekanan darah, demikian keterangan dari Joni.

Sementara itu salah satu petugas PMI, Fajar yang juga merupakan pembimbing ekstra PMR di madrasah memberikan apresiasi setinggi tingginya terhadap kegiatan yang dilaksanakan MAN 3 Bantul. Kerjasama yang sudah terjalin selama ini menurutnya menjadi bukti tingginya kesadaran warga MAN 3 Bantul terhadap kepedulian sesama khususnya dalam menolong orang lain melalui keikhlasan melaksanakan donor darah. “Atas nama PMI Kabupaten Bantul, kami sampaikan rasa terima kasih atas pelaksanaan Donor Darah yang telah berlangsung di MAN 3 Bantul selama ini, semoga keikhlasan civitas madrasah bisa menginspirasi instansi lainnya untuk  melaksanakan kegiatan yang sama,” paparnya.

Koordinator UKS M Nua’im SPd yang turut serta mendampingi kegiatan menyampaikan  syukur atas pelaksanaan program yang merupakan agenda rutin UKS. “Kerjasama kami dalam pelaksanaan Donor Darah tahun ini merupakan tahun ke-24, semoga program yang sangat bermanfaat ini akan terus bisa kami laksanakan kedepannya,” tutur Nua’im saat ditemui di ruang UKS.

Lebih lanjut Nua’im mengungkapkan kerjasama dengan PMI tidak hanya terbatas pada aksi donor darah, tetapi meliputi banyak kegiatan yang berhubungan dengan masalah kesehatan dan pengelolaan UKS. Secara rutin pula diadakan pelatihan bagi anggota PMR yang dipandu oleh PMI Kab. Bantul dan dilaksanakan di madrasah maupun di gedung PMI Kab. Bantul. (lif)

Postingan populer dari blog ini