Tingkatkan Budaya Literasi, Perpustakaan MAN 3 Bantul Beri Penghargaan Raja dan Ratu

Bantul (MAN 3 Bantul) -- Budaya literasi sangat bermanfaat untuk mengembangkan minat baca. Dengan semakin meningkatnya minat baca maka seseorang akan semakin luas wawasan dan pengetahuan sesuai dengan slogan Dengan Membaca Kita Tahu Segalanya. Berkenaan dengan hal tersebut perpustakaan merupakan sarana sekolah/ madrasah yang sangat diperlukan untuk mendukung budaya literasi tersebut.

Perpustakaan merupakan sumber ilmu pengetahuan dan juga media pembelajaran yang lengkap. Perpustakaan tidak hanya menyediakan buku buku ilmu pengetahuan tetapi juga buku buku fiksi dan juga pengetahuan umum lainnya yang sangat bermanfaat untuk seluruh civitas sekolah/ madrasah. Ketersediaan buku di perpustakaan diharapkan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi civitas.
Seiring dengan upaya meningkatkan budaya literasi bagi siswa, guru dan pegawai di MAN 3 Bantul, perpustakaan MAN 3 Bantul memberi penghargaan Raja dan Ratu Perpustakaan (RRP). Penghargaan tersebut diberikan kepada guru, pegawai dan siswa yang memenuhi kriteria pemilihan RRP. Kriteria yang ditetapkan adalah jumlah kunjungan terbanyak, seringnya meminjam buku dan kedisiplinan baik dalam menjaga kebersihan buku dan pengembalian buku.
Kegiatan yang telah dilaksanakan rutin setiap semester tersebut merupakan pemacu dan penyemangat civitas madrasah untuk mengunjungi perpustakaan dan meminjam buku. Dalam kesempatan tersebut RRP kategori siswa diperoleh Fahimudin Tamash (X IPA 1) dan Ulfa Zefi (XI Agama 2) . Sedangkan untuk guru dan pegawai terpilih Slamet Widodo SPd guru Kimia dan Sumiyati MA guru bahasa indonesia.
Penghargaan diserahkan waka kurikulum Mulyantara SPd kepada pemustaka terpilih Senin (13/2). Mulyantara menyampaikan selamat dan berharap semua guru dan siswa semakin rajin berkunjung di perpustakaan baik untuk meminjam buku atau sekadar baca baca buku di ruang perpustakaan. "Bagaiamanapun kita tidak bisa lepas dari buku. Semakin sering membaca buku, semakin banyak wawasan dan ilmu yang dimiliki, sehingga insya Allah hidupnya juga semakin bermanfat untuk sesama," ungkap Mulyantara sesaat setelah memberikan penghargaan.
Koordinator Perpustakaan Dra. Purwaningsih mengungkapkan pemberian penghargaan RRP tersebut merupakan upaya perpustakaan untuk meningkatkan budaya literasi bagi seluruh civitas madrasah. Buku buku yang tersedia di perpustakaan cukup banyak dan juga tersedia buku buku edisi terbaru dari buku pengetahuan umum, agama dan bahkan buku fiksi. Pengadaan buku diperoleh melalui dana Dipa, Komite dan juga hibah dari siswa yang telah menyelesaikan belajar di madrasah. "Alhamdulillah dengan pemberian penghargan RRP ini bisa meningkatkan kunjungan dan itu artinya budaya literasi di MAN 3 Bantul semakin meningkat.," pungkas Purwaningsih. (lif)

Postingan populer dari blog ini